Griya Literasi

Menu Berbuka Puasa Sehat untuk Pengidap Anemia

Selasa, 19 Mar 2024 12:56 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Anemia dapat menjadi masalah serius bagi pengidapnya, terutama saat menjalani ibadah puasa. Kekurangan asupan Nutrisi selama puasa dapat memperburuk kondisi anemia. Oleh karena itu, penting bagi Pengidap Anemia untuk memilih menu makanan yang tepat saat Berbuka puasa.

Melansir dari Halodoc.com, berikut adalah beberapa menu yang direkomendasikan:

1. Nasi Putih:

Asupan karbohidrat dari nasi putih membantu menjaga energi tubuh, yang sangat penting bagi Pengidap Anemia agar tidak mudah lelah.

2. Daging Merah:

Daging merah mengandung zat besi yang penting untuk memproduksi sel darah merah. Selain daging merah, hati sapi atau ayam, seafood, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga merupakan sumber zat besi yang baik.

3. Sayuran Hijau:

Sayuran berwarna gelap seperti bayam, kangkung, dan lobak mengandung zat besi non-heme yang membantu memperkaya sel darah merah. Tempe dan tahu juga merupakan alternatif yang baik.

Griya Literasi

4. Olahan Susu:

Yoghurt atau sereal merupakan sumber asam folat dan vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan Kesehatan sistem saraf. Hindari minum susu sapi murni karena kandungan kalsiumnya yang tinggi dapat mengganggu penyerapan zat besi.

5. Buah-buahan Kaya Vitamin C:

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan mangga kaya akan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dari sumber nabati. Konsumsilah buah-buahan ini sebagai camilan saat Berbuka puasa.

Dengan memasukkan menu-menu tersebut ke dalam pola makan saat Berbuka puasa, Pengidap Anemia dapat memenuhi kebutuhan Nutrisi tubuh mereka secara optimal. Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan puasa, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi Kesehatan tertentu seperti anemia.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode