Griya Literasi
Pemkot

Menangani Diare dengan Tepat dan Waspada terhadap Komplikasinya

Jumat, 9 Feb 2024 10:49 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — diare sering dianggap sebagai keluhan Kesehatan yang biasa, namun sebenarnya, kondisi ini memerlukan perhatian serius karena bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Melansir dari Halodoc.com, diare, yang ditandai dengan keluarnya tinja yang berair secara terus menerus, bisa menyebabkan Dehidrasi dan Malabsorpsi jika tidak ditangani dengan baik.

Komplikasi diare yang Perlu Diwaspadai:

  1. Dehidrasi: diare menyebabkan tubuh kehilangan cairan secara berlebihan, yang jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan Dehidrasi. Gejala Dehidrasi meliputi urine gelap, detak jantung cepat, sakit kepala, kulit kering, iritabilitas, dan kebingungan.
  2. Malabsorpsi: diare kronis dapat mengganggu penyerapan nutrisi, menyebabkan masalah seperti Malabsorpsi dan malnutrisi.

Gejala lain yang perlu diwaspadai termasuk penurunan produksi urine, detak jantung cepat, kulit kering, dan mual yang parah.

Untuk mengatasi diare, beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Penggunaan Obat-obatan: Obat-obatan yang dijual bebas seperti bismut subsalisilat atau probiotik dapat membantu mengatasi diare. Namun, jika diare disebabkan oleh infeksi atau parasit, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep antibiotik.
  2. Perubahan Pola Makan: Hindari makanan berlemak, berminyak, atau digoreng. Konsumsilah makanan seperti pisang, nasi putih, saus apel, dan roti panggang yang dapat membantu mengatasi diare.
  3. Minum Banyak Cairan: Pastikan untuk minum banyak air dan cairan yang mengandung elektrolit seperti jus, kaldu, atau minuman olahraga untuk mencegah Dehidrasi.
  4. Hindari Kafein dan Laktosa: Kurangi konsumsi kafein dan hindari makanan yang mengandung laktosa, karena dapat memperburuk gejala diare.

Penting untuk selalu mengikuti petunjuk pada kemasan saat mengonsumsi obat diare yang dijual bebas, dan konsultasikan dengan dokter jika gejala tidak membaik atau jika terdapat tanda-tanda komplikasi.

Ingatlah bahwa penanganan diare dengan baik sangat penting untuk mencegah komplikasi yang dapat membahayakan Kesehatan. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika diperlukan.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode